21 Agustus 2010

Dari Sampah Plastik Menjadi Baterai

Satu lagi teknologi pengolahan sampah kantong plastik telah diciptakan. Kali ini akademisi dari Amerika Serikat yang bernama Dr. Vilas Pol mampu mengkonversi sampah kantong plastik menjadi salah satu komponen yang digunakan pada industri baterai lithium ion melalui teknologinya. Adapun metoda yang digunakannya adalah dengan mengolah sampah kantong plastik menjadi carbon nantotubes. Carbon nanotubes inilah yang selanjutnya digunakan sebagai komponen baterai tersebut.

Dr. Pol mengatakan bahwa teknologi yang berhasil diciptakannya ini merupakan teknologi pengolahan sampah kantong plastik yang ramah lingkungan dan mampu menurunkan ongkos produksi pembuatan baterai. Selain untuk mengolah sampah kantong plastik, Dr. Pol meyakini bahwa teknologinya juga mampu mengolah sampah-sampah botol minuman yang terbuat dari plastik.

Dengan teknologi ini diharapkan permasalahan sampah plastik di Amerika Serkat akan terbantu terselesaikan. Selain itu, sampah yang semula tidak berguna dapat dimanfaatkan untuk sarana menyimpan energi melalui baterai. Selain itu, degradasi sampah yang membutuhkan waktu ratusan tahun dapat diatasai.

Sumber: www.doe.gov

Tidak ada komentar:

Posting Komentar