26 September 2010

Batubara Indonesia (Bagian 1)

Batubara merupakan salah satu sumber energi primer yang banyak digunakan di dunia, termasuk di Indonesia. Jumlah sumberdaya batubara Indonesia pada tahun 2005 menurut perhitungan Pusat Sumber Daya Geologi, ESDM sebesar 61,366 miliar ton. Jumlah sumberdaya batubara tersebut dapat dibedakan menjadi empat golongan, yaitu:

1. Hipotetik, masih dalam perkiraan awal
2. Tereka
3. Tertunjuk, jika dilakukan studi pra-kelayakan maka akan menjadi terkira dan terkira terpasarkan (sumber daya pra-kelayakan)
4. Terukur, jika dilakukan studi kelayakan maka akan menjadi terbukti dan terbukti terpasarkan (sumber daya kelayakan)

Pemanfaatan batubara sebagai sumber energi primer di Indonesia tidak terlepas dari kebijakan energi nasional Indonesia. Berdasar Peraturan Presiden No. 5 tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN), yang merupakan perubahan dari Kebijakan Umum Bidang Energi (KUBE) tahun 1998, batubara merupakan salah satu sumber energi primer yang berperan dalam menciptakan keamanan pasokan energi nasional secara berkelanjutan dan pemanfaatan energi secara efisien serta berperan dalam bauran energi (energy mix) yang akan optimal pada tahun 2025. Berikut persentase komponen bauran energi yang diproyeksikan pada tahun 2025:


Pada tahun 2025 diharapkan batubara memenuhi 34,6% dari total kebutuhan energi primer dalam bauran energi.

Untuk memenuhi target tersebut, produksi batubara Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Dalam 13 tahun terakhir, perkembangan produksi batubara Indonesia sebesar 15,68% per tahun. Berikut grafik trend produksi dan penjualan batubara Indonesia:



Berikut peranan perusahan tambang batubara dalam produksi batubara Indonesia; PKP2B sebesar 87,79%, KP sebesar 6,52% dan BUMN sebesar 5,68%. Dari produksi batubara tersebut, sebanyak 72,11% di ekspor. Sisanya, digunakan untuk keperluan di dalam negeri. Adapun industri yang memanfaatkan batubara di dalam negeri adalah PLTU, industri semen, industri kertas, industri tekstil, industri metalurgi dan industri lainnya.

Penggunaan batubara oleh PLTU tumbuh sekitar 13% setiap tahunnya yang sejalan dengan peningkatan listrik yang tumbuh 7,67% setiap tahunnya. Pada tahun 2025, PLTU diperkirakan akan memanfaatkan sekitar 71,11% batubara dalam negeri atau sekitar 35,34 juta ton. (bersambung ke bagian-2)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar